Annyeong…!!!

Long time no see! Selamat berjumpa kembali dalam rubrik ART & CRAFT yang semakin seru. Membuat craft yang bagus bukan berarti harus mahal. Setuju? Bahkan kalau kita jeli, barang-barang bekas yang ada di sekitar kita pun dapat menjadi bahan craft yang asyik!

Nah, kali ini kita masih akan membuat craft dari rol tisu bekas. Yup, stok rol tisu bekas saya belum habis. Hihihi…. Kali ini kita akan membuat “Tempat Pensil Panda yang Menggemaskan” dari rol tisu bekas. Keren ‘kan? Susah? Nggak kok. Ayo kita mulai!

 

Do It Yourself:  “Tempat Pensil Panda yang Menggemaskan

Prakarya dari Rol Tisu Bekas

Alat dan Bahan

            Bahan dan alat untuk craft kali ini mudah sekali. Bahan utamanya tentu rol tisu bekas. Kali ini kita membutuhkan 3 buah rol tisu bekas yang ukurannya sama. Selain itu kita juga membutuhkan karton putih. Sisa juga boleh kok. Alat-alatnya juga sangat amat gampang, yaitu gunting, selotip stiker putih yang besar, dan lem putih. Mudah ‘kan?  (Gambar: Alat dan Bahan)

Bikin Yuk!

Membuatnya pun gampang sekali. Pertama-tama, cetak ujung rol tisu di karton putih, lalu guntinglah. Buatlah 2 buah ya. (Gambar: Panda1, 2 dan 3) Fungsinya untuk penutup atas dan bawah tempat pensil nantinya.

Setelah itu kita sampai di tahap yang agak tricky. Gunting sepertiga bagian dari rol tisu, lalu potong vertikal sisinya. (Gambar: Panda4, 5 dan 6) Jika sudah, gunting pula setengah bagian dari rol tisu yang lain. Jangan lupa rapikan sisa-sisa pinggirnya dengan gunting. (Gambar: Panda7) Nah, sekarang masukkan rol yang sepertiga potongan tadi ke ujung rol yang utuh. Pasti bisa deh, karena pinggirnya sudah digunting. Biarkan mengembang sampai pas sisinya, lalu lepas dan beri selotip bening kecil agar tidak berubah ukuran lingkarnya. Paskan juga dengan rol yang setengah bagian sebagai ”tutup”-nya nanti. (Gambar: Panda8, 9, dan 10) Hehehe…. lumayan susah ya?

Tenang, bagian paling susah sudah selesai kok. Sekarang tugas kita adalah melapisi ketiga bagian rol risu tadi dengan selotip stiker putih. Mulailah dari ujung-ujungnya terlebih dahulu ya. Kelebihan stiker-stiker di ujung kita gunting vertikal lalu kita lipat ke dalam agar rapi. (Gambar: Panda11, 12, 13, 14, dan 15)

Saatnya kita rangkai ketiga bagiannya dengan hati-hati. Pertama-tama kita rekatkan sepertiga bagian yang lebih kecil tadi ke rol yang paling panjang dengan lem putih. Hati-hati ya, kalau sampai keliru menempelkannya, akan sulit melepasnya, dan kemungkinan bisa rusak kalau kita mencoba mencabutnya lagi karena lem putih itu kuat sekali. (Gambar: Panda16, 17, dan 18)

O ya, jangan lupa menempelkan karton penutup atas dan bawah dengan lem. (Gambar: Panda19 dan 20) Begini tampilannya jika sudah ditempelkan semuanya. Cakep ‘kan! (Gambar: Panda21)

Wow, sudah hampir jadi!  Nah, kita tinggal menggambar wajah panda di bagian “tutup”-nya, juga tangan juga kaki panda di bagian “badan” tempat pensilnya. (Gambar: Panda22, 23 dan 24)

Yup, inilah “Tempat Pensil Panda yang Menggemaskan” yang sudah jadi! (Gambar: Panda Jadi1, 2, dan 3). Betul-betul menggemaskan ‘kan? ^o^v

Ide-ide lain

Mungkin Pembaca bertanya, ”Kenapa panda, Bu Graceee…?” Jawaban pertama saya adalah karena panda adalah hewan yang lucu, imut, dan menggemaskan. Ginuk-ginuk gitchu loh! Yang kedua, karena warna panda itu simpel sekali, yaitu cuma hitam dan putih. Coba bayangkan kalau ”Tempat Pensil Harimau” atau ”Tempat Pensil Burung Merak”…. Wah, warnanya aja perlu sehari penuh! Hihihi…

Nah, “Tempat Pensil Panda yang Menggemaskan” ini bisa menjadi aktivitas Sekolah Minggu, kenang-kenangan acara komisi di gereja kita, juga tempat pensil yang betul-betul bisa dipakai ke sekolah atau ke tempat kerja. Pokoknya fungsinya banyak deh! Asyik kan? Nah, selamat mencoba! Sampai jumpa di rubrik ART& CRAFT “berita GKMI” selanjutnya ya! Ddo mannayo (Sampai jumpa)! God bless us all!

 

Oleh: Gracia Lina

Pembimbing KSM GKMI Semarang

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2018 GKMI NETWORK

or

Log in with your credentials

Forgot your details?