Bulan Misi 2018 PGMW 2 menuju POS PIPKA Kapuas Hulu (Putussibau),

Kalimantan Barat

 

Ketika PIPKA menjadwalkan PGMW 2 untuk mengunjungi pos pelayanan PIPKA di Putussibau, Kalimantan Barat, pengurus PGMW 2 berpendapat bahwa perjalanan Bulan Misi kali ini akan membutuhkan perhatian yang besar. Salah satu yang menjadi perhatian adalah waktu yang diperlukan akan cukup panjang, mengingat jarak yang jauh dari PGMW 2 ke Putussibau. Selain itu, dana yang diperlukan juga tidak sedikit, khususnya biaya transportasi.

Mempertimbangkan hal tersebut, Pengurus PGMW 2 memutuskan untuk mengutus 7 orang Hamba Tuhan dari GGKMI PGMW 2 untuk melaksanakan tugas pelayanan dari GGKMI Dewasa di PGMW 2 ke wilayah pelayanan PIPKA di Putussibau, Kalimantan Barat.

Hari Pertama, Rabu, 11 Juli 2018

Hari itu, jam masih menunjukkan pukul 00.30, ketika mobil carteran PGMW 2 yang membawa 7 Hamba Tuhan PGMW 2 bergerak dari Semarang menuju ke Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta. Tiba di Jogja, pukul 03.00 pagi untuk menunggu penerbangan menuju Pontianak, pukul 06.00 pagi.

Singkat cerita, keberangkatan menuju Putussibau dari Yogya, dilakukan dengan 2 kali naik pesawat yaitu YogyaPontianak dan PontianakPutussibau. Kami (7 Hamba Tuhan PGMW 2) tiba di Putussibau, pukul 09.00 pagi dan dijemput dengan sangat istimewa oleh Majelis GKMI Maranatha, Putussibau, yang berprofesi sebagai Polisi, dengan kendaraan dinas Polisi, dan masih berseragam Polisi. Kami diantar ke Kantor Perwakilan PIPKA di Putussibau, setelah itu kami istirahat di rumah Pdt. Setiyono (Hamba Tuhan GKMI Maranatha).

Sore harinya, pukul 18.00, kami mengikuti Persekutuan Hamba Tuhan GGKMI dan PIPKA se-Kapuas Hulu (Putussibau). Pada acara PHT inilah, kami berkenalan dengan semua Hamba Tuhan PIPKA dan GGKMI di Kapuas Hulu. Acara ditutup dengan pembagian tugas pelayanan kepada 7 Hamba Tuhan PGMW 2 ke tempat pelayanan. Meskipun kami melayani di 7 pos, tetapi dalam perjalanan menuju pos tersebut, kami juga akan melayani di pos-pos PIPKA yang kami lalui dengan pelayanan perkunjungan ke rumah Hamba Tuhan serta pelayanan ibadah tengah minggu. Berikut daftar pembagian tugas pelayanan:

1.      – Pdt. Elfrend Sitompul (GKMI Siloam) mengunjungi dan melayani jemaat di Pos PIPKA Nanga Kalis, yang juga berkunjung ke Pos PIPKA Segiyam.

2.     –  Pdt. Iwan (GKMI Srumbung Gunung) mengunjungi dan melayani jemaat di Pos PIPKA Jelemuk.

3.     –  Pdt. Sionari Hendrik (GKMI Demak) mengunjungi dan melayani jemaat di Pos PIPKA Nanga Raun.

4.     – Pdt. Muria Ali (GKMI Puri Anugrah) mengunjungi dan melayani jemaat di Pos PIPKA Pala Pulau.

5.     – Pdm. Paul D. Prasetya (GKMI Salatiga) mengunjungi dan melayani jemaat di Pos PIPKA Ujung Bayur, yang juga berkunjung ke Pala Pintas.

6.     – Pdm. Yulianto (GKMI Sola Gratia) mengunjungi dan melayani jemaat di Pos PIPKA Ujung Pinang.

7.     – Pdm. Dicky Steffanus (GKMI Pniel) mengunjungi dan melayani jemaat di Pos PIPKA Meripung, yang juga berkunjung ke Jakok dan Lubuk Mantuk.

 

Hari Kedua, Kamis, 12 Juli 2018

Setelah sarapan pagi di Kantor Perwakilan PIPKA, Putussibau, kami mulai berangkat ke tempat pelayanan masing-masing. Walaupun Kalimantan terkenal dengan sungainya, tetapi tidak semua pos PIPKA berada di jalur sungai, karena sebagian berada di jalur darat (jalan raya).

Perjalanan jalur darat dan sungai punya ceritanya masing-masing. Perjalanan jalur darat memberi kesan bahwa pembangunan jalan raya di Kalimantan sudah baik. Jalan raya pada jalur utama dari Putussibau ke Pontianak, sangat halus, walaupun untuk jalan-jalan masuk ke desa-desa, sebagian masih sangat buruk. Contoh jalan menuju Pos Jakok atau Lubuk Mantuk yang masih tanah berbatu. Kami beruntung datang di musim kemarau, karena kalau musim hujan, jalan-jalan desa tersebut bisa berlumpur dan sebagian sangat licin.

Perjalanan jalur sungai memberikan cerita yang sangat menarik. Dengan menumpang perahu sederhana yang dilengkapi motor boat sederhana, Hamba Tuhan PGMW 2 menuju pos-pos pelayanan mereka. Sungai Kapuas yang sangat lebar dan panjang, memberikan kesan bahwa sungai ini seperti laut yang ada di daratan.

Hari itu, beberapa Hamba Tuhan melakukan pelayanan perkunjungan ke rumah-rumah Hamba Tuhan PIPKA. Selain saling mendoakan, perkunjungan juga dilakukan dengan berbagi cerita pelayanan masing-masing untuk saling menguatkan.

 

Hari Ketiga, Keempat dan Kelima, Jumat-Minggu, 13-15 Juli 2018

Hari ketiga dan keempat diisi dengan pelayanan ibadah tengah minggu di pos-pos pelayanan masing-masing. Ada yang melakukan pelayanan Ibadah Keluarga, Ibadah Komisi Pemuda Remaja, dan Pendalaman Alkitab.

Salah satu pelayanan utama perkunjungan ke Pos PIPKA adalah pelayanan khotbah Ibadah Raya. Setiap Hamba Tuhan PGMW 2 melayani di pos masing-masing. Ada yang berkhotbah di Ibadah Raya dan juga ada yang melakukan ibadah KKR. Bahkan, salah satu pos PIPKA melaksanakan Ibadah Ulang Tahun pada tanggal 15 Juli 2018.

 

Hari Keenam, Senin, 16 Juli 2018

Selain melakukan pelayanan di pos-pos PIPKA, kami juga melakukan pelayanan untuk pemuda remaja GGKMI dan PIPKA se-Kapuas Hulu di GKMI Maranatha. Pelayanan ini dilakukan sebagai pelayanan pamungkas serta sebagai bentuk perhatian kami kepada pemuda remaja sebagai penerus pelayanan di setiap gereja.

Ibadah Pemuda Remaja dikemas dalam bentuk KKR Pemuda Remaja. Gedung gereja GKMI Maranatha penuh diisi oleh pemuda remaja dari GGKMI dan PIPKA se-Kapuas Hulu. Kami semua larut dalam suasana sukacita ibadah.

Dalam kesempatan ini, Pdt. Muria Ali menyampaikan Firman yang sangat menyentuh kehidupan para pemuda remaja. Beberapa diantara mereka bahkan terbuka dan bertekad untuk mau hidup lebih baik bersama Kristus.

 

Hari Ketujuh, Selasa, 17 Juli 2018

Akhirnya hari terakhir pun tiba. Kami harus pulang kembali ke wilayah PGMW 2. Kali ini kami tidak menuju Yogya tetapi ke Semarang. Penerbangan juga dilakukan 2 kali, dari Putussibau-Pontianak dan Pontianak-Semarang. Kami sempat mampir di Pontianak dan disambut oleh Pdt. Edy Pangangkat (Hamba Tuhan GKMI Sion), dan keesokan harinya kembali ke Semarang.

 

Catatan Pelayanan

Dari 6 hari pelayanan di Pos PIPKA Kapuas Hulu (Putussibau), ada beberapa poin yang kami dapatkan sebagai bahan untuk kemajuan pelayanan GGKMI dan PIPKA secara bersama. Poin pertama yaitu pembangunan fisik gedung gereja pos-pos PIPKA banyak mendapatkan perhatian pemerintah Kalimantan Barat, sehingga beberapa gedung-gedung gereja sudah sangat baik. Meskipun demikian, ada juga beberapa yang perlu kita perhatikan lagi. Kedua, keterbukaan pikiran jemaat terhadap pengelolaan alam sekitar (bercocok tanam) sudah mulai berkembang walaupun masih ada sebagian yang masih mengandalkan pola-pola bercocok tanam dengan cara yang tradisional. Ketiga, kelebihan para pelayan PIPKA dalam hal metode penginjilan dan kemampuan bertahan hidup sederhana, harus diimbangi dengan pemberian informasi tentang perkembangan yang terjadi di GGKMI. Keempat, meskipun para Hamba Tuhan PIPKA sudah bersyukur dengan kesederhanaan mereka, tetapi GGKMI dewasa (yang mampu), sebaiknya harus siap memberikan support kepada para Hamba Tuhan PIPKA yang ada di pedalaman. Kelima, melihat dan menyadari medan yang ada di lapangan pelayanan PIPKA, perlu sikap yang bijaksana terhadap metode peningkatan jenjang kependetaan yang dilakukan Sinode GKMI.

Kalau menengok kembali visi misi PIPKA yaitu “Menghadirkan kasih Kristus sampai ke ujung bumi”, danPIPKA menjadi perpanjangan tangan GGKMI menjangkau daerah pelayanan baru dengan memberitakan Kabar Kesukaan seutuhnya”, maka GGKMI sudah seharusnya selalu bersyukur kepada Kristus sebagai Kepala Gereja yang telah mengutus PIPKA lahir di dunia ini. Bentuk rasa syukur haruslah kita wujudkan dalam berbagai macam perhatian, baik kepada jemaat serta para Hamba Tuhan di pos-pos PIPKA.

Marilah kita saling melayani sampai hari Tuhan tiba, Maranatha. Tuhan Yesus memberkati. (Pdm. Dicky Steffanus/MR)

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2018 GKMI NETWORK

or

Log in with your credentials

Forgot your details?