Annyeonghaseyo!!!

Meli keuliseumaseu! Yup, itulah “Selamat Natal” dalam bahasa Korea. Selamat Natal semua! Tanpa terasa kita sudah memasuki bulan Desember lagi nih! Selamat Natal saya ucapkan bagi Pembaca setia “berita GKMI”. Semoga Natal kali ini membawa sucakita di hati.

            Nah, dalam ART & CRAFT kali ini kita masih akan membuat sesuatu dari rol tisu bekas, yaitu “Pohon Natal Mini dari Rol Tisu Bekas”. Selain murah meriah, hasilnya juga cantik dan unik lho! Jangan kuatir, mudah kok membuatnya! Nah, ayo kita buat bersama-sama!  

 

Do it Yourself: “Pohon Natal Mini dari Rol Tisu Bekas

Prakarya dari Rol Tisu Bekas

 

Alat dan Bahan

Sebelum mulai, ayo kita siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan dan alat-alatnya gampang banget kok. Let’s check it out!

1.      4 buah rol tisu bekas.

2.      Kertas lipat beraneka warna (sisa-sisa juga boleh).

3.      Manik-manik berbentuk bintang.

4.      Cat poster berwarna hijau.

5.      Kuas.

6.      Gunting.

7.      Pensil.

8.      Pelubang kertas.

9.      Lem bening sejenis UHU.

Bikin Yuk!

Membuatnya pun gampang sekali. Pertama-tama, gepengkan rol tisu, lalu gambarlah pola pohon Natal sederhana di atasnya seperti pada gambar. (Gambar: Pohon Natal1 dan 2). Jika sudah, guntinglah sesuai pola tadi. (Gambar: Pohon Natal3, 4, dan 5) Pakai pola yang sudah digunting untuk dijiplak pada rol-rol tisu yang lain dengan pensil (Gambar: Pohon Natal6), lalu guntinglah. Sekarang kita punya 4 buah pohon Natal, yang masih polos alias belum ada warnanya. (Gambar: Pohon Natal7)

Langkah selanjutnya adalah mencampur cat poster hijau dengan lem bening sejenis UHU tadi (Gambar: Pohon Natal 8 dan 9). Mungkin ada yang bertanya, “Lho, buat apa dicampur lem, Bu Grace?” Masalahnya adalah cat poster itu akan pecah-pecah dan lepas kalau tertekuk (bahasa Perancisnya: gogrok. Xixixixi…). Nah, dengan dicampur lem, cat akan lebih kuat dan awet. Gitchu lhooo… Setelah itu tinggal kita warna deh! Warna yang rapi ya. (Gambar: Pohon Natal 10 dan11). Bagian “batang” pohon Natal tidak perlu diwarna, karena warnanya sudah coklat.

Berikutnya, kita hias pohon Natal kita dengan potongan-potongan kertas lipat yang dipotong-potong dengan pelubang kertas (Gambar: Pohon Natal 12 dan 13) Nah, sudah kelihatan deh, bentuk pohon Natal kita!

Sebagai langkah terakhir kita tempelkan manik-manik bintang di ujungnya, supaya lebih cantik bin realistik (maklum, terbuat dari rol tisu soalnya!) (Gambar: Pohon Natal 14 dan 15) Voila!! Jadi deh palungan kita!

 

Ayo Berkreasi!

Anda bisa menambahkan berbagai macam hiasan lain sesuai imajinasi Anda, misalnya kado, pita, dan lain-lain. O ya, craft ini berfungsi ganda. Selain dapat ditambahkan tali di atasnya dan menjadi hiasan gantung (Gambar: Pohon Natal Jadi1), pohon Natal ini juga bisa berfungsi sebagai pengikat serbet atau handuk (Gambar: Pohon Natal Jadi2), jadi bagus sekali jika Anda gunakan sebagai aktivitas Sekolah Minggu atau suvenir Natal!

Mudah, bukan? Nah, selamat mencoba! Semoga Pohon Natal Mini dari Rol Tisu Bekas  ini dapat menambah sukacita kita di hari Natal ini. Sampai jumpa di rubrik ART & CRAFT  “berita GKMI” edisi berikut! Ddo mannayo! God bless us all! (MR)

*Sumber: redtedart.com

*Oleh: Gracia Lina

Pembimbing KSM GKMI Semarang

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2019 GKMI NETWORK

or

Log in with your credentials

Forgot your details?