Annyeonghaseyo!

            Apa kabar semuanya? Saya harap Pembaca dalam keadaan yang sukacita dan damai sejahtera!

Kali ini kita akan membuat ART & CRAFT yang sangat simple sekali. Selain bisa untuk mengisi waktu luang, craft ini juga bisa kita gunakan sebagai mainan tangan. Craft ini bisa juga digunakan sebagai aktivitas anak-anak Sekolah Minggu. He 3x. Seperti apa ya? Ayo simak bersama!

 

Do It Yourself: “Bikin Stress Ball Sendiri”

Prakarya dari Balon

 

            Apakah Pembaca mengenal istilah fidget? Nah, ART & CRAFT kita kali ini juga adalah fidget. Fidget adalah mainan tangan atau jari, fungsinya untuk mengurangi ketegangan atau stres, juga meningkatkan konsentrasi. Salah satu jenis yang tertua dari fidget berupa beads, yaitu manik-manik atau batu-batuan. Saat ini fidget sedang nge-hit di kalangan anak-anak dan jenisnya berkembang menjadi bermacam-macam, ada fidget spinner atau fidget cube, dan juga stress ball yang akan kita buat sekarang.

Nah, alasan saya membuat ART & CRAFT stress ball ini adalah karena saya prihatin. Lha kok prihatin? Iya, saya prihatin dengan banyak stress ball yang dijual bebas; bentuknya sih lucu-lucu dan berwarna warni sehingga anak-anak tertarik membelinya, sayangnya materialnya – terutama isinya – kadang berisi zat kimia yang berbahaya dan tidak sehat.

Yup, karena itu saya membuat stress ball yang bahannya aman dan sehat.  Susah nggak ya, mendapatkan bahannya? Oh, tentu tidak! Harganya? (Inilah pertanyaan yang paling sering ditanyakan ibu-ibu. Hehehe….) Murah pake banget kok!

Alat dan Bahan

            Nah, alat dan bahannya super duper mudah kok. Seperti sudah disampaikan di judul, bahan utamanya adalah balon. Balon yang digunakan juga balon biasa, bukan balon hias yang panjang atau beraneka bentuk, meski kalau Pembaca mau ya boleh juga sih (BTW, kalau berbentuk hati mungkin lucu ya…. Kalau panjang kayaknya nggak cocok deh. Xixixixi…). Untuk warnanya saya pilih warna merah, hijau, dan kuning. Selain itu kita juga membutuhkan tepung terigu sebagai isinya, botol air mineral ukuran kecil, dan benang wol untuk hiasan nantinya. Alatnya? Sangat mudah. Kita hanya perlu gunting dan spidol permanen saja. (Gambar: Alat dan Bahan)

 

Bikin Yuk!

Cara membuatnya tentu cukup mudah. Silakan disimak di sini!

  1. Pertama-tama, kita masukkan tepung ke dalam botol air mineral. Untuk memudahkan, kita bisa membuat corong dari kertas. Isilah kurang lebih separuhnya saja. (Gambar: Stress Ball1 dan 2)
  2. Jika sudah, tiup balonnya (tidak usah besar-besar ya…. Bisa gawat kalau pecah. Hahahaha….) lalu tutup ujungnya dengan jari. Kemudian dengan hati-hati sambungkan ujung balon ke ujung botol. (Gambar: Stress Ball3 dan 4)
  3. Sekarang tiba saat yang paling saya suka. Kita pencet-pencet botolnya dan kita goyang-goyang supaya tepung dari botol masuk ke balonnya. Diiringi lagu “Goyang Maumere” juga asyik. Hehehe…. Lanjutkan sampai semua tepung yang ada di botol masuk ke balon. (Gambar: Stress Ball5 dan 6)
  4. Sekarang lepas ujung botol dari ujung balon dan kempiskan balon pelan-pelan. Jangan dilepaskan lho, nanti tepungnya tersembur keluar! Wkwkwk…! Kalau sudah, ikat ujung balon. (Gambar: Stress Ball7, 8 dan 9)
  5. Maaf ya, saya pencet-pencet dan terik-tarik dulu ya. Nggak tahan habisnya. Gemeeess….. (Gambar: Stress Ball10 dan 11)
  6. Sebagai hiasannya, gulung benang wol di empat jari kita, lalu lepaskan. Ikat di bagian tengah dengan benang wol juga, potong ujung-ujungnya.  Lalu ikatkan di ujung balon tadi. (Gambar: Stress Ball12, 13, 14, 15, dan 16)
  7. Nah, berikutnya Anda tinggal menggambar wajah di balon dengan spidol permanen. (Gambar: Stress Ball17)
  8. Dan….. Tadaaa…..!!! Sudah jadi! (Gambar: Stress Ball Jadi1 &2)

 

Ide-ide Lain

Mudah ‘kan? Anda dapat berkreasi dengan menambahkan asesoris-asesoris lainnya supaya hasilnya lebih cantik dan lebih menarik. Sudah menyenangkan, aman pula! Nah, semoga ide sederhana ini dapat menjadi berkat bagi pembaca sekalian ya. Selamat berkreasi. Ddo mannayo! Tuhan memberkati!

 

*Sumber: redtedart.com

Oleh: Gracia Lina

Pembimbing KSM GKMI Semarang

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2019 GKMI Network

Log in with your credentials

Forgot your details?