Menjadi pejabat publik itu ternyata tidak mudah, banyak tantangan dan godaannya. Tantangan dari luar, yaitu rakyat harus didengar dan disejahterakan lahir dan batin. Dan godaan dari dalam, yaitu untuk memperkaya diri sendiri dengan kelaziman imbalan mengatasnamakan jabatan.

Saya jadi ingat perkataan Ahok yang berani tegas bersikap saat dihadapkan pada dua pilihan sulit tersebut: “Saya tidak akan tega makan duit rakyat seperti itu, sekalipun bukan saya yang makan. Saya disumpah untuk mempertahankan uang rakyat ketika masuk ke sini. Kalau saya harus terjungkal, tidak jadi gubernur pun saya puas. Karena dalam hidup, saya tidak akan menghancurkan nurani saya”. Hal itu Ahok sampaikan ketika menyikapi usulan “dana siluman” di anggaran APBD DKI tahun 2015 sebesar 12,1 trilyun.

Saudara,
Saat menghadapi pilihan yang sulit dan dilematis, pastikan bahwa nuranilah yang akan menjadi kompasnya. Pertanyaannya, bagaimana kita tahu apa kata nurani? Bukankah semua pilihan itu punya pembenaran argumentasinya sendiri?

Coba pertimbangkan dua hal:

Pertama, Rasul Petrus mengatakan: “Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung” (2 Petrus 1: 10). Disini rasul Petrus mengaitkan pilihan itu dengan panggilan. Apakah pilihan yang kita ambil itu sudah sejalan dengan panggilan Tuhan atau tidak?

Kedua, Bunda Teresa berkata: “Jika kita dihadapkan pada pilihan yang dilematis, pilihlah pilihan yang tersulit. Mengapa? Sebab otak kita cenderung segera mencari kemudahan dan penyelamatan diri ketimbang kebenaran. Pilihan spontan kita pasti menghindari resiko dan masalah. Nah, dengan berani mengambil pilihan yang tersulit, nurani kita diuji untuk pilihan jalan sempit, jalan salib.

Saudara,
Jadi jangan gentar jika dalam hidup kita harus menghadapi pilihan sulit. Pastikan bahwa pilihanmu itu berpadanan dengan panggilan Tuhan atas hidupmu,

maka  engkau tidak akan pernah tersandung.(MR)

*Pdt. Timotius Adhi Dharma – Ani Widjaja

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2019 GKMI Network

Log in with your credentials

Forgot your details?