Annyeonghaseyo….!

            Apa kabar semuanya? Saya harap pembaca semua dalam keadaan sehat ya. Selamat Paskah saya ucapkan bagi pembaca semua! Tentunya suasana Paskah membuat kita terus bersemangat untuk berkarya dan melayani Tuhan.

            Nah, pada ART & CRAFT kali ini kita akan membuat “Gelas Hias yang Praktis”, seperti sudah saya janjikan di artikel POTRET “HUT KSM GKMI Semarang” yang juga dimuat di edisi ini. Wah, susah nggak bikinnya? Don’t worry, mudah kok! Tidak percaya? Nah, ayo segera kita coba!

Do it Yourself: “Gelas Hias yang Praktis

Prakarya dari Gelas Plastik

 

Bahan dan Alat

Karena namanya craft yang praktis, jadi bahannya tentu praktis juga. Kita hanya membutuhkan gelas plastik. Untuk ukurannya, saya pilih yang ukurannya sedang. Selain itu kita membutuhkan kertas krep dua warna (saya pilihkan warna biru dan hijau), karet gelang, pita brokat warna merah, pita Jepang warna emas, dan hiasan-hiasan hewan dari plastik (terima kasih untuk seorang Ibu dari Kudus yang memberikan hiasan-hiasan ini kepada saya). Alatnya? Cukup gunting dan lem multi fungsi saja! (Gambar: Alat dan Bahan)

 

Cara Membuat :

 

  1. Gunting kertas krep warna biru dengan ukuran 20×20 sentimeter, lalu tumpuk saling silang. Jika sudah, inilah hasilnya! (Gambar: Gelas Hias1)
  2.  Setelah itu, taruh gelas plastik tepat di tengah-tengah kertas krep tadi. (Gambar: Gelas Hias2) Lalu lipat kertas krep dengan rapi dan hati-hati hingga mengelilingi gelas plastik tadi.
  3. Ikat karet gelang melingkari kertas krep, seperti memberi “ikat pinggang”, sehingga menyatu dengan rapi ya! (Gambar: Gelas Hias3). Nah, sudah mulai kelihatan bentuknya ‘kan? Rapikan bagian-bagian yang kurang rata dengan tangan.
  4. Potong pita brokat warna merah secukupnya, dan ikatkan menjadi pita menutupi karet gelang tadi. Cakep ‘kan? (Gambar: Gelas Hias4).
  5. Jika sudah, tambahkan pita Jepang berwarna emas yang telah dibentuk menjadi pita di tengah-tengah pita brokat tadi. Gambar: Gelas Hias5)
  6. Sebagai langkah terakhir, tempelkan hiasan-hiasan binatang pada kertas krep di tepi-tepi gelas. (Gambar: Gelas Hias6)
  7. Yup! Gelas hias Anda sudah siap! (Gambar: Gelas Hias Jadi)

 

Ayo Berkreasi

Gelas hias ini bisa digunakan untuk banyak hal, mulai dari aktivitas Sekolah Minggu sampai souvenir kegiatan. Nah, dalam acara HUT Komisi Sekolah Minggu “Imanuel” GKMI Semarang, gelas hias ini menjadi alat bantu untuk menjelaskan perihal Buah Roh. Selangkapnya Anda bisa baca di POTRET “HUT KSM GKMI Semarang”.

O ya, Anda dapat berkreasi dengan kertas krep dan pita beraneka warna, juga aneka hiasan dan manik-manik. Nah, semoga ide sederhana ini dapat menjadi berkat bagi pembaca sekalian. Selamat berkreasi. Ddo mannayo (Sampai jumpa)! Tuhan memberkati! (MR)

 

*Gracia Lina

Pembimbing KSM GKMI Semarang

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

©2019 GKMI Network

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

Forgot your details?