Rapat Kerja BPH Sinode GKMI, Aston Inn, Semarang

 

            Sidang Raya XXVIII Sinode GKMI dan sekaligus juga pemilihan BPH (Badan Pekerja Harian) Sinode yang baru di bulan Agustus 2019 nanti tentu membutuhkan persiapan yang matang. BPH Sinode dan juga Unit-unit Kerja harus melaporkan hasil kerja mereka selama jangka waktu lima tahun dan juga mempersiapkan banyak hal berkaitan dengan peralihan kepemimpinan. Karena itu, hari Kamis-Sabtu, 7-9 Maret 2019, BPH Sinode GKMI, Dewan Penasehat, Unit-unit Kerja, dan Panitia Nominasi mengadakan Rapat Kerja (Raker) di Aston Inn, Jl. Pandanaran 40, Semarang.

            Raker kali ini berlangsung selama tiga hari dua malam, lebih panjang dari yang biasanya, yaitu dua hari satu malam. Ketua Umum (Pdt. Paulus S. Widjaja), Dewan Pertimbangan (dr. Teguh Widjaja dan Bambang Handoyo), Bidang Persekutuan dan Misi (Pdt. Peter Hiendarto), Unit Kerja Pengutusan Injil dan Pelayanan Kasih (PIPKA) (Pdt. Agus W. Mayanto), Unit Kerja Mennonite Diakonia Service (MDS) (Natanael Sagoh dan Donny Sutedja), Bidang Teologia dan Unit Kerja Pustaka Muria (Pdt. Daniel K. L.), Unit Kerja “berita GKMI” (Mark Ryan), Bendahara (Andryadi B. K. dan Sudibyo Hartanto), Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) (Ani Widjaja), Unit Kerja Akademi Muria (Srihono Purnomo), Unit Kerja Dana Pensiun dan Kesejahteraan (DPK) (Andreas Soewatjono), Panitia Nominasi (Pdt. Janti Diredja, Pdt. Trofimus H. S. dan Daniel K. Trihandoyo), juga Sekretaris Umum dan Wakil Sekretaris Umum (Pdt. Andi O. S. dan Pdt. Nahum Sudarsono), menyampaikan perkembangan yang terjadi pada bagian masing-masing, memberi masukan untuk BPH yang baru, juga mendiskusikan rencana-rencana program hingga akhir tahun 2019. Anindita Galuh Dewayanti dari GKMI Salatiga sebagai Sekertaris Eksekutif yang baru bertugas membuat notulensi.

            Banyak hal yang dibicarakan, terutama mengenai evaluasi program-program. Meski demikian, Raker tetap berlangsung penuh kekeluargaan, karena apapun bentuk kritik dan masukan tersebut tetaplah bertujuan demi kemajuan bersama. Renungan-renungan yang membuka dan menutup pertemuan setiap harinya juga memberi penyegaran dan memotivasi, yaitu Pdt. Nahum Sudarsono tentang “Perkara yang di Atas” (Kolose 3: 1-4), Pdt. Daniel K. L. dengan tema “Take Off Your Shoes”, Pdt. Peter Hiendarto tentang “Rela Mendukung dari Belakang” (1 Yoh. 3: 16), dan Pdt. Andi O. S. mengenai “Pemimpin yang Berkenan di Hadapan Tuhan”.

            Beberapa hal lain yang penting, yang juga menjadi agenda Raker kali ini, adalah persiapan pembangunan kantor Sinode, persiapan HUT ke-100 GKMI di tahun 2020, dan juga Persidangan MWC di Semarang tahun 2021. Pada kesempatan ini kepengurusan inti untuk HUT GKMI yang ke-100 juga sudah ditetapkan.

            Sebagai “bocoran” atau “teaser” bagi Pembaca, Konven Pendeta tahun ini akan mengangkat tema yang cukup hangat, yaitu “Memandang LGBTIQ dari Pendekatan Interdisipliner”. Sedangkan tema Sidang Raya XXVIII adalah “Hendaklah dalam Kerendahan Hati yang Seorang Menganggap yang Lain Lebih Utama dari Dirinya Sendiri” (Filipi 2: 3b). Konven dan Sidang Raya akan diadakan di Solo, Jawa Tengah, 12-16 Agustus 2019.

Masing-masing peserta Raker pulang untuk bertugas kembali untuk menjalankan bagiannya masing-masing dengan bersemangat demi kemajuan bersama. Semoga GKMI terus maju! Tuhan memberkati kita sekalian (Mark Ryan)

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

©2019 GKMI Network

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

Forgot your details?